@jokowi hd profile photos

Joko Widodo verified_user

@jokowi

Akun Instagram resmi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo 🇮🇩. #MenujuIndonesiaMaju Dikelola oleh Tim Komunikasi Digital Presiden.

Following
Followers
Posts


Kenapa ibu kota harus pindah?

Jakarta saat ini menyangga beban yang sudah terlalu berat sebagai pusat pemerintahan, pusat bisnis, pusat keuangan, pusat perdagangan, dan pusat jasa. Bahkan, sebagai lokasi bandar udara dan pelabuhan laut terbesar di Indonesia.

Kemacetan lalu lintas yang sudah terlanjur parah, polusi udara dan air kota ini harus segera kita tangani.

Ini bukan kesalahan Pemprov DKI Jakarta. Bukan. Ini karena besarnya beban yang diberikan perekonomian Indonesia kepada Pulau Jawa dan kepada Jakarta. Kesenjangan ekonomi antara Jawa dan luar Jawa yang terus meningkat, meski sejak 2001 sudah dilakukan otonomi daerah.

Selain itu, beban Pulau Jawa juga semakin berat. Penduduknya sudah 150 juta atau 54 persen dari total penduduk Indonesia, dan 58 persen PDB ekonomi Indonesia itu ada di Pulau Jawa.

Kita tidak bisa terus menerus membiarkan beban Jakarta dan beban Pulau Jawa yang semakin berat itu..

Kenapa ibu kota harus pindah? Jakarta saat ini menyangga beban yang sudah terlalu berat sebagai pusat pemerintahan, pusat bisnis, pusat keuangan, pusat perdagangan, dan pusat jasa. Bahkan, sebagai lokasi bandar udara dan pelabuhan laut terbesar di Indonesia. Kemacetan lalu lintas yang sudah terlanjur parah, polusi udara dan air kota ini harus segera kita tangani. Ini bukan kesalahan Pemprov DKI Jakarta. Bukan. Ini karena besarnya beban yang diberikan perekonomian Indonesia kepada Pulau Jawa dan kepada Jakarta. Kesenjangan ekonomi antara Jawa dan luar Jawa yang terus meningkat, meski sejak 2001 sudah dilakukan otonomi daerah. Selain itu, beban Pulau Jawa juga semakin berat. Penduduknya sudah 150 juta atau 54 persen dari total penduduk Indonesia, dan 58 persen PDB ekonomi Indonesia itu ada di Pulau Jawa. Kita tidak bisa terus menerus membiarkan beban Jakarta dan beban Pulau Jawa yang semakin berat itu. ...

Sebagai bangsa besar yang sudah 74 tahun merdeka, Indonesia belum pernah menentukan dan merancang sendiri ibu kotanya.

Maka, pada siang yang berbahagia ini, saya menyampaikan bahwa pemerintah telah melakukan kajian-kajian mendalam, terutama dalam tiga tahun terakhir.

Hasil kajian-kajian tersebut menyimpulkan bahwa lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur..

Sebagai bangsa besar yang sudah 74 tahun merdeka, Indonesia belum pernah menentukan dan merancang sendiri ibu kotanya. Maka, pada siang yang berbahagia ini, saya menyampaikan bahwa pemerintah telah melakukan kajian-kajian mendalam, terutama dalam tiga tahun terakhir. Hasil kajian-kajian tersebut menyimpulkan bahwa lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. ...

play_circle_filled Pernah dengar gudeg ceker? Di Solo, Anda bisa menemukannya di Gudeg Mbak Yus. Mau ceker pedas atau ceker manis, tinggal pilih.

Gudeg ceker hanya satu dari begitu banyak pilihan makanan khas di Solo. Kota ini begitu kaya akan keragaman kuliner: sate daging, sate buntel, tengkleng tongseng, timlo, rawon, soto.

Semuanya enak. Nggak ada yang nggak enak. ‪Ini kata pemilik warung-warung itu: https://youtu.be/M0bxvqfktaA.

Pernah dengar gudeg ceker? Di Solo, Anda bisa menemukannya di Gudeg Mbak Yus. Mau ceker pedas atau ceker manis, tinggal pilih. Gudeg ceker hanya satu dari begitu banyak pilihan makanan khas di Solo. Kota ini begitu kaya akan keragaman kuliner: sate daging, sate buntel, tengkleng tongseng, timlo, rawon, soto. Semuanya enak. Nggak ada yang nggak enak. ‪Ini kata pemilik warung-warung itu: https://youtu.be/M0bxvqfktaA ...

Selamat pagi. Sampai saat ini, saya terus mengikuti perkembangan di Tanah Papua, dan Alhamdulillah situasi di sana sudah kembali berjalan normal. Tingkat pengamanan di Papua pun kini sudah diturunkan.

Permintaan maaf sudah dilakukan, dan ini menunjukkan kebesaran hati kita bersama untuk saling menghormati, untuk saling menghargai sebagai saudara sebangsa dan setanah air.

Saya juga telah memerintahkan kepada Kapolri untuk menindak secara hukum tindakan diskriminasi ras dan etnis, yang rasis, secara tegas.

Minggu depan, jika tak ada halangan, saya akan mengundang para tokoh dari Papua dan Papua Barat, baik tokoh adat, tokoh masyarakat, juga tokoh agama, untuk berbicara masalah percepatan kesejahteraan di Tanah Papua..

Selamat pagi. Sampai saat ini, saya terus mengikuti perkembangan di Tanah Papua, dan Alhamdulillah situasi di sana sudah kembali berjalan normal. Tingkat pengamanan di Papua pun kini sudah diturunkan. Permintaan maaf sudah dilakukan, dan ini menunjukkan kebesaran hati kita bersama untuk saling menghormati, untuk saling menghargai sebagai saudara sebangsa dan setanah air. Saya juga telah memerintahkan kepada Kapolri untuk menindak secara hukum tindakan diskriminasi ras dan etnis, yang rasis, secara tegas. Minggu depan, jika tak ada halangan, saya akan mengundang para tokoh dari Papua dan Papua Barat, baik tokoh adat, tokoh masyarakat, juga tokoh agama, untuk berbicara masalah percepatan kesejahteraan di Tanah Papua. ...

Sebelum kembali ke Jakarta, kemarin sore, saya mampir di Pelabuhan Tenau, Kota Kupang, meninjau aktivitas bongkar muat di sana. Saya sempat menyaksikan pengangkutan hewan ternak ke Kapal Ternak Camara Nusantara 3. Kapal hendak membawa 470 ekor sapi ke Kalimantan.

Kapal-kapal pengangkut ternak sapi dari NTT paling banyak ke Jakarta. Dari enam trayek kapal ternak, lima trayek dari NTT. Dulunya kapal-kapal hampir kosong, lama-lama terisi, sekarang malah penuh terus. Karena itu, subsidi dari pemerintah juga sudah jauh berkurang. Setiap tahunnya, sekitar 70.000 sapi dikirim dari NTT ke Pulau Jawa, terutama ke Jakarta dan sekitarnya.

Kapasitas Pelabuhan Tenau sendiri masih bisa dioptimalkan. Aktivitas bongkar muat di tahun 2018 di pelabuhan ini baru hampir separuh kapasitasnya yang 240.000 TEUs per tahun.

Pemerintah mengupayakan agar ke depannya, selain kapal ternak, Pelabuhan Tenau juga dipadati dengan hilir mudik kapal-kapal yang membawa muatan ke daerah lainnya. Garam, misalnya. Sapi yang dikirim juga sudah berupa daging beku..

Sebelum kembali ke Jakarta, kemarin sore, saya mampir di Pelabuhan Tenau, Kota Kupang, meninjau aktivitas bongkar muat di sana. Saya sempat menyaksikan pengangkutan hewan ternak ke Kapal Ternak Camara Nusantara 3. Kapal hendak membawa 470 ekor sapi ke Kalimantan. Kapal-kapal pengangkut ternak sapi dari NTT paling banyak ke Jakarta. Dari enam trayek kapal ternak, lima trayek dari NTT. Dulunya kapal-kapal hampir kosong, lama-lama terisi, sekarang malah penuh terus. Karena itu, subsidi dari pemerintah juga sudah jauh berkurang. Setiap tahunnya, sekitar 70.000 sapi dikirim dari NTT ke Pulau Jawa, terutama ke Jakarta dan sekitarnya. Kapasitas Pelabuhan Tenau sendiri masih bisa dioptimalkan. Aktivitas bongkar muat di tahun 2018 di pelabuhan ini baru hampir separuh kapasitasnya yang 240.000 TEUs per tahun. Pemerintah mengupayakan agar ke depannya, selain kapal ternak, Pelabuhan Tenau juga dipadati dengan hilir mudik kapal-kapal yang membawa muatan ke daerah lainnya. Garam, misalnya. Sapi yang dikirim juga sudah berupa daging beku. ...

Tambak-tambak garam Desa Nunkurus, Kupang Timur, di NTT kini sudah berproduksi dengan baik. Kualitas garamnya bagus, lebih putih, bisa masuk ke garam industri, dan kalau diolah lagi bisa juga menjadi garam konsumsi.

Pengembangan industri garam di NTT memerlukan investasi yang tak sedikit. Di seluruh provinsi ini luas tambak garam 21.000 hektare. Di Kupang saja 600 hektare dan yang sudah berproduksi baru 10 hektare termasuk di Desa Nunkurus yang saya kunjungi hari ini..

Tambak-tambak garam Desa Nunkurus, Kupang Timur, di NTT kini sudah berproduksi dengan baik. Kualitas garamnya bagus, lebih putih, bisa masuk ke garam industri, dan kalau diolah lagi bisa juga menjadi garam konsumsi. Pengembangan industri garam di NTT memerlukan investasi yang tak sedikit. Di seluruh provinsi ini luas tambak garam 21.000 hektare. Di Kupang saja 600 hektare dan yang sudah berproduksi baru 10 hektare termasuk di Desa Nunkurus yang saya kunjungi hari ini. ...

Ini cerita dari empat tahun lalu, saat saya berkunjung ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Saya dijemput Putra Mahkota Sheikh Mohamed bin Zayed di tangga pesawat.

Begitu turun saya diajak naik mobil beliau. Sheikh Mohamed sendiri yang duduk di balik kemudi. Tak banyak aturan protokol, begitu cepat dan sederhana.

Sheikh Mohamed sempat bertanya:

Ini cerita dari empat tahun lalu, saat saya berkunjung ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Saya dijemput Putra Mahkota Sheikh Mohamed bin Zayed di tangga pesawat. Begitu turun saya diajak naik mobil beliau. Sheikh Mohamed sendiri yang duduk di balik kemudi. Tak banyak aturan protokol, begitu cepat dan sederhana. Sheikh Mohamed sempat bertanya: "Presiden Jokowi izin dulu ke protokol?" Ah, saya enggak usah izin, saya langsung naik saja. Kalau saya ngomong pasti enggak boleh demi keamanan 😄 Lalu kami melaju. Saya merasa mobilnya biasa saja, jalannya pelan. Tapi begitu saya melirik speedometer, 190-200 kilometer per jam. Duh, kencang sekali mobilnya, ternyata. Saya lirik-lirik, cari-cari ini merek mobilnya, tidak ketemu. Dan saya tidak bertanya ke Sheikh Mohamed. Malu, jangan-jangan beliau nanti: "Presiden Jokowi ini ndeso banget" 😂 Tapi kami mengobrol soal lain. Soal kemajuan kedua negara. Kita ingat, Uni Emirat Arab punya minyak, kita juga punya minyak. Dia punya gas, kita juga punya. Tapi di sana tak ada kayu, kita punya kayu, saat itu kita bahkan punya BUMN kayu. Minerba kita punya semuanya, dari batu bara, emas, nikel, bauksit, tembaga ... semuanya. Tetapi sekarang ini, kita tahu, income per kapita di sana USD43.000, kita USD4.000. Bagaimana bisa? Kenapa UEA melompat begitu cepat? Padahal, kata Sheikh Mohamed, "Presiden Jokowi, tahun 60-an kami dari Dubai ke Abu Dhabi masih naik unta." Kita ingat saat itu kita sudah naik Holden dan Impala. "Tahun 70-an kami dari Dubai ke Abu Dhabi masih naik truk dan mobil pick up," kata Sheikh Mohamed. Kita tahun itu sudah naik Toyota Kijang. Menginjak tahun 1980-1985, di sana orang-orang sudah lalu lalang dengan mobil mewah bermerek Mercedes Benz, BMW... Kita masih naik Kijang. Income perkapita mereka melompat jauh. Nah, kunci kemajuan itu apa? Kuncinya kecepatan. Cepat di perizinan, sederhana di regulasi. Perizinan yang butuh waktu tahunan di tempat kita, di UEA setengah jam sahaja. Sering saya sampaikan, ke depan negara besar tidak lagi menguasai negara kecil, atau negara kaya menguasai negara miskin. Yang terjadi, negara cepat akan menguasai negara yang lambat. ...

Selamat pagi. Lima tahun ke depan, titik berat pembangunan kita pada sumber daya manusia. Apa sih yang ingin kita kerjakan di sini?

Ini dimulai sejak dari kandungan. Bayi dalam kandungan itu harus terurus gizi dan nutrisinya agar tidak stunting, mengidap kekerdilan. Angka stunting kita memang turun dari 38 di tahun 2015, jadi 30. Tapi itu masih angka yang tinggi. Jangan bermimpi bersaing dengan negara lain kalau angkanya tidak bisa perkecil.

Lalu saat bertumbuh, anak-anak perlu tambahan makanan bergizi. Dan saat masuk pendidikan dasar, yang penting adalah membangun karakter, seperti nilai-nilai budi pekerti, etika, agama, dan toleransi. Tambahannya adalah matematika, dan lain-lainnya.

Di pendidikan menengah, mereka dikenalkan pada teamwork. Kerja sama. Bagaimana anak-anak memiliki daya kritis dan argumentasi yang baik. Berikutnya, mereka bisa memilih ingin lanjut ke kejuruan atau bidang-bidang keilmuan. Setelah itu, di tingkat universitas, kita berbenah.

Yang menanti generasi kita di depan adalah jenis-jenis pekerjaan baru saat begitu banyak pekerjaan lama hilang.  Setiap kali mengikuti pertemuan seperti G20, APEC, ASEAN Summit, yang begini-begini saja yang dibicarakan. Semuanya bingung, bukan kita saja, karena teknologinya muncul regulasinya belum ada. Menghadapi itu semua, kita rencanakan dan siapkan sumber daya manusia Indonesia, dari sekarang..

Selamat pagi. Lima tahun ke depan, titik berat pembangunan kita pada sumber daya manusia. Apa sih yang ingin kita kerjakan di sini? Ini dimulai sejak dari kandungan. Bayi dalam kandungan itu harus terurus gizi dan nutrisinya agar tidak stunting, mengidap kekerdilan. Angka stunting kita memang turun dari 38 di tahun 2015, jadi 30. Tapi itu masih angka yang tinggi. Jangan bermimpi bersaing dengan negara lain kalau angkanya tidak bisa perkecil. Lalu saat bertumbuh, anak-anak perlu tambahan makanan bergizi. Dan saat masuk pendidikan dasar, yang penting adalah membangun karakter, seperti nilai-nilai budi pekerti, etika, agama, dan toleransi. Tambahannya adalah matematika, dan lain-lainnya. Di pendidikan menengah, mereka dikenalkan pada teamwork. Kerja sama. Bagaimana anak-anak memiliki daya kritis dan argumentasi yang baik. Berikutnya, mereka bisa memilih ingin lanjut ke kejuruan atau bidang-bidang keilmuan. Setelah itu, di tingkat universitas, kita berbenah. Yang menanti generasi kita di depan adalah jenis-jenis pekerjaan baru saat begitu banyak pekerjaan lama hilang. Setiap kali mengikuti pertemuan seperti G20, APEC, ASEAN Summit, yang begini-begini saja yang dibicarakan. Semuanya bingung, bukan kita saja, karena teknologinya muncul regulasinya belum ada. Menghadapi itu semua, kita rencanakan dan siapkan sumber daya manusia Indonesia, dari sekarang. ...

Ratusan tokoh dari seluruh negara Afrika saat ini berada di Bali menghadiri Indonesia-Africa Infrastructure Dialogue (IAID) 2019.

Di forum itu, siang tadi, saya mengajak negara-negara Afrika untuk bersama Indonesia mewujudkan kemajuan dan lompatan besar. Sebagai teman yang terpercaya, di tengah gejolak perekonomian global, Indonesia dan Afrika adalah kekuatan besar jika bersatu mewujudkan mimpi-mimpi kemajuan.

Saya juga berbagi pengalaman Indonesia membangun infrastruktur. Lima tahun terakhir, Indonesia membangun antara lain 782 kilometer jalan tol, 3.387 kilometer jalan nasional, lebih 191 ribu kilometer jalan desa, dan 15 bendungan besar. Indonesia ingin kesuksesan kita itu juga dapat dirasakan oleh negara-negara sahabat Indonesia, khususnya Afrika. Karena itulah, Indonesia bersedia berbagi pengalaman dan bekerja sama lebih jauh.

Di forum itu saya menyaksikan penandatanganan kesepakatan bisnis antara perusahaan-perusahaan Indonesia dengan mitranya dari Afrika seperti Niger, Nigeria, Tanzania, Mozambik, Pantai Gading, dan Senegal. Terdapat 11 kesepakatan bisnis yang melibatkan perusahaan seperti Wika, Indonesia Eximbank, Bio Farma, Kimia Farma, Energi Mega Persada, dan Indesso, dengan nilai mencapai USD822 juta..

Ratusan tokoh dari seluruh negara Afrika saat ini berada di Bali menghadiri Indonesia-Africa Infrastructure Dialogue (IAID) 2019. Di forum itu, siang tadi, saya mengajak negara-negara Afrika untuk bersama Indonesia mewujudkan kemajuan dan lompatan besar. Sebagai teman yang terpercaya, di tengah gejolak perekonomian global, Indonesia dan Afrika adalah kekuatan besar jika bersatu mewujudkan mimpi-mimpi kemajuan. Saya juga berbagi pengalaman Indonesia membangun infrastruktur. Lima tahun terakhir, Indonesia membangun antara lain 782 kilometer jalan tol, 3.387 kilometer jalan nasional, lebih 191 ribu kilometer jalan desa, dan 15 bendungan besar. Indonesia ingin kesuksesan kita itu juga dapat dirasakan oleh negara-negara sahabat Indonesia, khususnya Afrika. Karena itulah, Indonesia bersedia berbagi pengalaman dan bekerja sama lebih jauh. Di forum itu saya menyaksikan penandatanganan kesepakatan bisnis antara perusahaan-perusahaan Indonesia dengan mitranya dari Afrika seperti Niger, Nigeria, Tanzania, Mozambik, Pantai Gading, dan Senegal. Terdapat 11 kesepakatan bisnis yang melibatkan perusahaan seperti Wika, Indonesia Eximbank, Bio Farma, Kimia Farma, Energi Mega Persada, dan Indesso, dengan nilai mencapai USD822 juta. ...

Teruntuk saudara-saudaraku, Pace, Mace, mamak-mamak di Papua, di Papua Barat.

Saya tahu ada ketersinggungan. Oleh sebab itu, sebagai saudara sebangsa dan setanah air yang paling baik adalah saling memaafkan. Emosi itu boleh, tetapi memaafkan itu lebih baik. Sabar itu juga lebih baik.

Dan yakinlah bahwa pemerintah akan terus menjaga kehormatan dan kesejahteraan saudara-saudaraku, Pace, Mace, mamak-mamak yang ada di Papua dan di Papua Barat.

Terima kasih..

Teruntuk saudara-saudaraku, Pace, Mace, mamak-mamak di Papua, di Papua Barat. Saya tahu ada ketersinggungan. Oleh sebab itu, sebagai saudara sebangsa dan setanah air yang paling baik adalah saling memaafkan. Emosi itu boleh, tetapi memaafkan itu lebih baik. Sabar itu juga lebih baik. Dan yakinlah bahwa pemerintah akan terus menjaga kehormatan dan kesejahteraan saudara-saudaraku, Pace, Mace, mamak-mamak yang ada di Papua dan di Papua Barat. Terima kasih. ...

Selamat, Kolonel!.

Selamat, Kolonel! ...

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan di pelataran Istana Merdeka hari ini berlangsung hikmat tapi meriah. Ada 11.000 kursi undangan disediakan, 70 persennya adalah masyarakat umum.

Tetamu mengenakan baju adat daerah masing-masing. Saya tentu tak mau ketinggalan dengan busana Klungkung, Bali.

Syukur Alhamdulillah, upacara berlangsung lancar. Semuanya lancar: dari penampilan Paskibraka, atraksi flypast pesawat tempur TNI, sampai persembahan lagu-lagu oleh paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara yang sungguh menghibur.

Bagaimana kemeriahan acara 17 Agustus di tempat Anda?.

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan di pelataran Istana Merdeka hari ini berlangsung hikmat tapi meriah. Ada 11.000 kursi undangan disediakan, 70 persennya adalah masyarakat umum. Tetamu mengenakan baju adat daerah masing-masing. Saya tentu tak mau ketinggalan dengan busana Klungkung, Bali. Syukur Alhamdulillah, upacara berlangsung lancar. Semuanya lancar: dari penampilan Paskibraka, atraksi flypast pesawat tempur TNI, sampai persembahan lagu-lagu oleh paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara yang sungguh menghibur. Bagaimana kemeriahan acara 17 Agustus di tempat Anda? ...

jokowi @jokowi - Instagram Hashtags mentions

jokowi @jokowi - Instagram users profiles mentions